Penguapan dari laut, Mengapa air hujan tidak asin ?

By | Juni 1, 2016

Penguapan dari laut, Mengapa air hujan tidak asin ? Mungkin anda bertanya-tanya tentang masalah ini. Karena semua permasalahan ini berhubungan erat dengan sanitasi lingkungan dan kesehatan lingkungan sendiri tentunya. Termasuk kesehatan yang menduduki lingkungan.

Banyangkan saja kalau air hujan rasanya asin, mungkin butiran garam akan ikut jatuh bukan?

Penguapan dari laut, Mengapa air hujan tidak asin ?

Penguapan dari laut, Mengapa air hujan tidak asin ?

Penguapan dari laut, Mengapa air hujan tidak asin ?

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini adalah, dimulai dari gerak-gerik energi matahari yang menyinari hampir seluruh lautan di dunia ini, kenapa matahari? Karena matahari yang melakukan proses penguapan dengan energinya yang sampai ke lautan, rata-rata energi matahari yang sampai adalah 1 kilowatt dan merupakan jumlah sangat besar untuk menguapkan air laut.

Namun sayangnya energi tersebut terhitung sangat kecil apabila di bebani dengan pengangkatan ion ke udara, inilah yang menyebabkan air hujan tidak menjadi asin. Seperti halnya sudah di ketahui bahwa terdapat dua komponen ion dalam air laut yaitu ion klorida dan sodium yang membuat air laut terasa asin.

Lalu Bagaimana bisa terjadi hujan asam, Dari laut…?

Hujan asam merupakan tetesan air yang turun yang bersifat korosif, pada dasarnya air hujan memang bersifat asam dengan pH air di bawah 5,6. Namun hujan asam sangat berbeda dengan hujan biasa, hujan asam terjadi karena tingginya kadar karbondioksida, belerang dan nitrogen yang dihasilkan dari asap kendaraan.

Asap kendaraan yang menyebabkan pencemaran udara, menyebabkan banyak masalah pada lingkungan, selain hujam asam, asap kendaraan dalam jumlah di ambang batas juga mengganggu sistem pernafasan terutama pada anak-anak.

Kembali ke hujan asam, tahukah anda bagaimana jadinya jika hujan asam turun?

Hujan asam bisa menimbulkan banyak gangguan pada keseimbangan lingkungan, meningkatkan keasaman tanah sehingga menyebabkan pertumbuhan berbagai tanaman terganggu bahkan mati, hujan asam juga membuat air permukaan menjadi lebih asam dan mematikan biota air yang hidup di dalamnya.

Kendaraan dan besi sangat rentan rusak apabila terkena hujan asam, proses pengkaratan yang cepat merupakan dampak yang sering terjadi pada kendaraan dan besi.

Bagaimana cara mencegah hujan asam?

Hemat energi, pandai berjalan kaki jika jarak dekat, gunakan transportasi umum, dan lakukan penghijauan untuk menahan karbondioksida.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Protected by WP Anti Spam