Gejala Tonsilitis Dan Cara Mengobatinya Dengan Cepat

Gejala Tonsilitis Dan Cara Mengobatinya

Gejala Tonsilitis Dan Cara Mengobatinya

Gejala Tonsilitis Dan Cara Mengobatinya – Tonsilitis adalah infeksi amandel yang menyebabkan peradangan. Ini paling sering terjadi pada anak-anak berusia 3 sampai 7 tahun, yang memiliki amandel lebih besar daripada orang dewasa dan anak-anak yang lebih tua. Amandel terbuat dari jaringan limfatik. Tugas mereka adalah menghasilkan antibodi yang melawan infeksi. Ironisnya, jaringan semacam ini cukup rawan terinfeksi sendiri. Tonsilitis dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Gejala Tonsilitis Dan Cara Mengobatinya

Banyak kasus tonsilitis tidak sampai ke kantor dokter. Namun, diperkirakan 15% dari semua kunjungan ke dokter keluarga adalah karena tonsilitis. Tonsilektomi (pengangkatan tonsil) selalu menjadi operasi masa kanak-kanak yang paling umum, namun ini merupakan upaya terakhir untuk tonsilitis akhir-akhir ini.

Gejala Tonsilitis Dan Cara Mengobatinya

Gejala utama tonsilitis adalah sakit tenggorokan, tapi karena tenggorokan dan telinga memiliki saraf yang sama, rasa sakit sering terasa di telinga. Rasa sakit biasanya lebih buruk saat menelan. Anak kecil mungkin tidak mengeluh sakit tenggorokan tapi mungkin hanya menolak makan.

Gejala lainnya bisa meliputi:

  1. demam
  2. perasaan sakit umum
  3. Kelenjar getah bening tender di leher
  4. sakit kepala
  5. muntah

Semua bentuk amandel jelas tanpa pengobatan. Biasanya diperlukan beberapa hari untuk tonsilitis virus bakteri atau normal untuk membersihkan, namun diperlukan waktu berminggu-minggu jika mononukleosis menjadi penyebabnya. Karena kemungkinan komplikasi yang berhubungan dengan bakteri tonsilitis, dokter biasanya memberi antibiotik.

Salah satu komplikasi infeksi bakteri, demam rematik, biasa terjadi sampai dokter mulai mengobati tonsilitis bakteri dengan antibiotik. Respon imun Anda sendiri terhadap streptokokus Grup A dapat menyebabkan kerusakan di seluruh tubuh, terutama ke jantung. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan permanen, yang mengakibatkan penyakit jantung bertahun-tahun kemudian. Sekarang sangat jarang di Kanada (hanya beberapa kasus per tahun), meski masih menjadi masalah utama di beberapa negara.

Kemungkinan komplikasi lain dari tonsilitis bakteri adalah abses peritonsillar ( quinsy ). Hal ini terjadi ketika sekelompok bakteri “berdinding” oleh pertumbuhan jaringan baru. Abses tidak dalam amandel itu sendiri tapi di satu sisi. Tidak seperti tonsilitis sederhana, quinsy cenderung terasa hanya di satu sisi tenggorokan, dan orang-orang dengan kondisi ini sering terlihat memiringkan kepala ke satu sisi untuk mengurangi rasa sakit. Quinsy lebih sering terjadi pada orang dewasa muda dengan tonsilitis.

Gejala Tonsilitis Dan Cara Mengobatinya

Post By : QNC Jelly Gamat

Baca Juga :

Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Gejala Asam Urat Dan Cara Mengobatinya

QNC Jelly Gamat Tanggerang

Penyembuhan Patah Tulang Tanpa Operasi

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *