Gejala Penyakit Batu Ginjal Dan Pengobatannya | QNC Jelly Gamat

Gejala Penyakit Batu Ginjal

Gejala Penyakit Batu Ginjal ~ Batu ginjal adalah kelainan saluran kemih yang umum terjadi. Batu ginjal bisa terbentuk di ginjal Anda saat zat normal dalam urine Anda menjadi terlalu terkonsentrasi. Bila ini terjadi, bahan padat bisa tinggal di ginjal Anda atau mungkin bergerak ke saluran kemih Anda, akhirnya keluar dari tubuh Anda.

Gejala Penyakit Batu Ginjal

Gejala Penyakit Batu Ginjal

Gejala Penyakit Batu Ginjal ~  Batu ginjal tidak selalu menimbulkan gejala. Saat mereka kecil, mereka bisa lulus sendiri tanpa rasa sakit. Namun, batu besar bisa menghalangi aliran urin, yang bisa menyebabkan sejumlah gejala nyeri yang bisa parah.

Hal ini bisa terjadi bila batu ginjal terjebak dalam ureter , yaitu tabung yang menghubungkan kandung kemih Anda ke ginjal Anda. Namun, ukuran batu tidak selalu sesuai dengan tingkat keparahan rasa sakit. Terkadang batu ginjal bisa masuk di daerah tertentu di ginjal dan menyebabkan ketidaknyamanan. Rasa sakit yang diakibatkan batu ginjal bisa bervariasi saat bergerak di ginjal dan menurunkan ureter.

Saran Pengobatan : Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Operasi

Rasa sakit

Gejala Penyakit Batu Ginjal ~  Lokasi batu dan kemajuannya melalui saluran kemih Anda dapat mempengaruhi jenis gejala yang Anda alami. Banyak orang menggambarkan perasaan batu ginjal sebagai rasa sakit yang tajam di satu sisi punggung atau perut bagian bawah. Rasa sakit sering dimulai dengan tiba-tiba dan kemudian tetap hidup, menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu. Daerah yang terkena juga bisa menyebar ke daerah pangkal paha dan perut bagian bawah. Rasa sakit ini dapat menyebabkan ginjal kering, obat ginjal kering herbal adalah solusinya.

Anda mungkin mengalami rasa sakit yang konstan, atau rasa sakit bisa datang dan masuk dalam gelombang, kadang-kadang berlangsung selama beberapa menit dan kemudian menghilang, hanya untuk muncul lagi sekitar 10 menit kemudian. Dalam beberapa kasus, rasa sakit bisa berlangsung untuk waktu yang lebih lama sambil berfluktuasi dalam intensitas. Perubahan tingkat intensitas dapat terjadi saat batu bergerak ke posisi yang berbeda di saluran kemih Anda.

Baca Juga : Cara Membersihkan Ginjal Yang Kotor

Gejala lainnya

Gejala Penyakit Batu Ginjal ~ Selain merasakan sakit parah di punggung atau samping di bawah tulang rusuk Anda, sejumlah gejala lain juga bisa terjadi dengan batu ginjal. Salah satu yang paling umum adalah masalah buang air kecil. Ini bisa meliputi ;

  • Sakit saat buang air kecil
  • urin yang tampak mendung
  • urin yang berbau berbeda dari biasanya
  • sebuah dorongan untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya

Darah hadir dalam urin karena batu ginjal juga bisa menyebabkan urine terlihat coklat, pink, atau merah. Anda harus menemui dokter Anda jika Anda memiliki rasa sakit dengan gejala berikut ini :

  • mual
  • muntah
  • panas dingin
  • demam

Gejala ini mungkin menunjukkan bahwa Anda memiliki infeksi. Walau infeksi ginjal bisa sembuh total dengan alami. Anda juga harus mencari pertolongan medis jika memiliki:

  • Rasa sakit yang menjadi sangat parah Anda tidak bisa duduk, berdiri, atau berbaring dengan nyaman
  • darah dalam air kencingmu
  • susah buang air kecil

Petunjuk jam

Gejala Penyakit Batu Ginjal ~ Jika Anda tidak yakin apakah gejala Anda mungkin terkait dengan batu ginjal, jam tersebut mungkin memberi Anda petunjuk. Rasa sakit akibat batu ginjal biasanya mulai larut malam atau dini hari. Bila terus dibiarkan dapat menimbulkan penyakit gagal ginjal akut. Hal ini karena orang biasanya buang air kecil lebih jarang di malam hari atau di pagi hari, dan ureter biasanya menyempit di pagi hari.

Bagaimana batu ginjal didiagnosis?

Dokter akan menanyakan riwayat kesehatan Anda. Terkadang obat yang Anda minum mungkin membuat Anda lebih mungkin memiliki batu ginjal. Contohnya meliputi:

  • diuretik
  • antasida berbasis kalsium
  • topiramate (Topamax)
  • indinavir (Crixivan).

Pengujian

Dokter Anda mungkin memastikan diagnosis batu ginjal dengan memesan tes. Mereka bisa menguji darah Anda untuk mengetahui kelebihan asam urat atau kalsium . Penumpukan salah satu dari ini dapat menyebabkan batu ginjal berkembang. Mereka mungkin menyarankan Anda untuk mengumpulkan urine Anda selama 24 sampai 48 jam. Laboratorium kemudian dapat mengujinya karena adanya zat yang diketahui menyebabkan batu ginjal terbentuk.

Studi Pencitraan

Dokter Anda mungkin menggunakan penelitian pencitraan seperti CT scan atau sinar-X untuk mengidentifikasi adanya batu di saluran kemih. Sebuah USG adalah tes non-invasif lain yang dapat memeriksa penyumbatan di ureter dan kelainan ginjal seperit ginjal bengkak atau bocor. Namun, beberapa batu mungkin sangat kecil atau sedemikian posisi sehingga tidak terlihat pada studi pencitraan.

Setelah dokter Anda mendiagnosis batu ginjal Anda, mereka mungkin memberi Anda saringan khusus untuk digunakan setiap kali Anda buang air kecil. Anda bisa menggunakan ini untuk mengumpulkan batu atau potongan batu yang mungkin keluar.

Read More : Obat Radang Ginjal

Mengumpulkan batu bermanfaat karena dokter Anda bisa mengirimkannya untuk analisis laboratorium. Mengetahui batu ginjal jenis apa yang telah Anda lewati dapat membantu dokter Anda bekerja sama dengan Anda untuk membuat rencana untuk mengurangi risiko batu ginjal di masa depan.

Merawatnya Sendiri Di Rumah

Gejala Penyakit Batu Ginjal ~ Sebagian besar batu ginjal pada akhirnya akan meninggalkan tubuh Anda dengan melewati dari ginjal ke ureter ke kandung kemih dan keluar melalui urin Anda. Inilah rute yang ditempuh urin Anda setiap hari. Batu yang melewati jalur ini bisa menimbulkan rasa sakit. Batu ini berisiko menimbulkan ginjal bocor, mungkin anda akan memerlukan obat ginjal bocor untuk mencegahnya.

Melewati batu ginjal bisa memakan waktu beberapa hari sampai beberapa minggu. Untuk alasan ini, kebanyakan dokter menganjurkan untuk meloloskan batu atau batu di rumah.

Dokter Anda mungkin meresepkan obat anti mual atau nyeri yang harus Anda minum saat Anda mencoba melewati batu. Minum lebih banyak air juga bisa membantu Anda membersihkan sistem saluran kemih Anda, tapi jangan berlebihan. Minum 2 sampai 3 liter air per hari sudah cukup.

Waktu Yang Tepat Menemui Dokter

Gejala Penyakit Batu Ginjal ~ Dokter Anda bisa menentukan ukuran batu Anda dengan menggunakan studi pencitraan. Jika mereka menentukan bahwa itu sangat besar atau Anda memiliki tanda-tanda infeksi berat, mungkin tidak aman untuk mencoba dan melewati batu di rumah.

Lithotripsy adalah prosedur yang melibatkan penggunaan gelombang kejut untuk memecah batu menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Hal ini membuat batu lebih mudah dilewati. Jika ini tidak memecah batu atau batu berada di lokasi di mana lithotripsy mungkin tidak efektif, dokter Anda dapat menggunakan metode yang lebih invasif.

Ini termasuk memasukkan ruang khusus yang disebut ureteroskop ke uretra Anda. Dokter Anda akan maju ke atas sampai mereka mengakses batu. Prosedur lain, yang dikenal sebagai nephrolithotomy perkutan, melibatkan membuat sayatan kecil di punggung untuk mengakses ginjal dan mengeluarkan batu.

Lainnya : Pengobatan Kanker Ginjal

Anda harus mencari perawatan darurat untuk batu ginjal Anda jika terjadi hal berikut:

  • Anda demam atau kedinginan, yang bisa menandakan adanya infeksi.
  • Anda berhenti memproduksi urin.
  • Anda memiliki riwayat pembuangan ginjal dan hanya memiliki satu ginjal.
  • Anda mengalami mual atau muntah parah.
  • Anda mengalami kebingungan atau kelelahan parah .

Meski gejala ini jarang terjadi dengan batu ginjal, bisa terjadi. Bahkan jika rasa sakit Anda ringan, Anda tetap harus mencari perhatian darurat.

Gejala Penyakit Batu Ginjal

Post By : QNC Jelly Gamat

Baca Juga :

Obat Kista Ginjal

QNC Jelly Gamat Sembuhkan Kista Bartholin

Sembuhkan Sembelit Dengan QNC Jelly Gamat

QNC Jelly Gamat Sembuhkan Gastritis Dan Usus Buntu

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *