Gejala Kista Ovarium Dan Pengobatannya | 100% Alami Tanpa Operasi

Gejala Kista Ovarium Dan Pengobatannya

Gejala Kista Ovarium Dan Pengobatannya

Gejala Kista Ovarium Dan Pengobatannya ~ Ovarium adalah bagian dari sistem reproduksi wanita . Mereka berada di perut bagian bawah pada kedua sisi rahim . Wanita memiliki dua indung telur yang memproduksi telur serta hormon estrogen dan progesteron.

Terkadang, kantung berisi cairan yang disebut kista akan berkembang di salah satu ovarium. Banyak wanita akan mengembangkan setidaknya satu kista selama masa hidup mereka. Dalam kebanyakan kasus, kista tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak menimbulkan gejala.

Gejala Kista Ovarium Dan Pengobatannya

Jenis kista ovarium

Gejala Kista Ovarium Dan Pengobatannya ~ Ada berbagai jenis kista ovarium, seperti kista dermoid dan kista endometrioma. Namun, kista fungsional adalah tipe yang paling umum. Dua jenis kista fungsional meliputi kista folikel dan korpus luteum.

Kista folikel

Selama siklus menstruasi wanita, sebutir telur tumbuh dalam kantung yang disebut folikel. Kantung ini terletak di dalam ovarium. Dalam kebanyakan kasus, folikel atau kantung ini terbuka dan melepaskan sel telur. Tapi jika folikel tidak pecah, cairan di dalam folikel bisa membentuk kista pada ovarium.

Kista Corpus luteum

Kantung folikel biasanya larut setelah melepaskan sel telur. Tetapi jika kantung tersebut tidak larut dan pembukaan segel folikel, cairan tambahan dapat berkembang di dalam kantung, dan akumulasi cairan ini menyebabkan kista corpus luteum.

Jenis kista ovarium lainnya meliputi :

  • Kista dermoid: pertumbuhan seperti kantung pada ovarium yang bisa mengandung rambut, lemak, dan jaringan lainnya
  • cystadenomas: pertumbuhan non-kanker yang dapat berkembang pada permukaan luar ovarium
  • endometrioma : jaringan yang biasanya tumbuh di dalam rahim dapat berkembang di luar rahim dan menempel pada ovarium, menghasilkan kista.

Beberapa wanita mengembangkan suatu kondisi yang disebut sindrom ovarium polikistik . Kondisi ini berarti ovarium mengandung sejumlah besar kista kecil. Hal ini dapat menyebabkan ovarium membesar. Jika tidak diobati, ovarium polikistik dapat menyebabkan infertilitas.

Gejala Kista Ovarium Dan Pengobatannya

Sering kali, kista ovarium tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, gejala bisa muncul saat kista tumbuh. Gejalanya bisa meliputi:

  • Perut kembung atau bengkak
  • Gerakan usus yang menyakitkan
  • Nyeri pelvis sebelum atau selama siklus menstruasi
  • Hubungan seksual yang menyakitkan
  • Nyeri di punggung bawah atau paha
  • Kelembutan payudara
  • Mual dan muntah

Gejala berat kista ovarium yang memerlukan perhatian medis segera meliputi:

  • Nyeri panggul parah atau tajam
  • Demam
  • Pingsan atau pusing
  • Bernapas cepat

Gejala ini bisa mengindikasikan adanya kista pecah atau torsi ovarium. Kedua komplikasi tersebut bisa berakibat serius jika tidak diobati dini.

Komplikasi kista ovarium

Kebanyakan kista ovarium jinak dan alami sembuh sendiri tanpa pengobatan. Kista ini menyebabkan sedikit, jika ada, gejala. Tapi dalam kasus yang jarang terjadi, dokter Anda mungkin mendeteksi adanya ovarium kistik ovarium selama pemeriksaan rutin.

Torsi ovarium adalah komplikasi lain dari kista ovarium. Ini terjadi ketika kista besar menyebabkan ovarium berputar atau bergerak dari posisi asalnya. Suplai darah ke ovarium terputus, dan jika tidak diobati, bisa menyebabkan kerusakan atau kematian pada jaringan ovarium. Meskipun jarang terjadi, torsi ovarium menyumbang hampir 3 persen operasi ginekologi darurat.

Kista yang pecah, yang juga jarang, dapat menyebabkan rasa sakit dan perdarahan hebat . Komplikasi ini meningkatkan risiko infeksi dan dapat mengancam jiwa jika tidak diobati.

Gejala Kista Ovarium Dan Pengobatannya

Post By : QNC Jelly Gamat

Baca Juga :

Cara Menghilangkan Miom Di Rahim

Cara Menghilangkan Kista Ovarium

Cara Menyembuhkan Polip Hidung Tanpa Operasi

Cara Mengobati Varikokel Tanpa Operasi

Obat Penurun Berat Badan

TROBOSAN TERBARU, JELLY GAMAT WALATRA

~:: Perpaduan Ekstrak Teripang Emas, Temulawak, Madu & Jeruk ::~

~:: Harga Cuma Rp. 185.000 / Botol ::~

!! Info Lengkapnya KLIK DISINI !!

Promo Hari Ini, Beli 2 Gratis 1

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *