Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil muda dan tua - 5 6 7 8 Bulan

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Tips Rawat Miss V Saat Hamil

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil – Keputihan merupakan hal yang lazim terjadi pada setiap wanita, tak terkecuali ketika sedang hamil. Terdapat dua bagian keputihan menurut ahli kesehatan, yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis.

Keputihan Fisiologis adalah keputihan yang terjadi setiap bulan saat wanita menghadapi masa datang bulan atau menstruasi, keputihan jenis ini biasa terjadi dan tidak perlu penanganan khusus secara medis, namun disarankan untuk minum obat pelancar haid agar tidak ada gangguan saat masa menstruasi tiba.

Sedangkan keputihan Patologis adalah keputihan yang tidak biasa terjadi atau disebut keputihan abnormal, Keputihan ini memiliki gejala gatal pada beberapa orang yang mengalaminya, gatal terjadi di bagian dalam miss V dan di bagian bibir luar miss V. Keputihan patologis disebabkan oleh banyak faktor seperti bakteri, parasit, virus dan jamur.

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Ketika mengalami keputihan anda akan mengalami rasa perih ketika kencing karena kondisi saluran ekskresi anda terganggu. Kebersihan miss V menjadi syarat utama untuk menghindari keputihan patologis. Selain kebersihan miss V, baiknya anda juga menjaga kebersihan rumah, kamar mandi, kamar tidur dan berbagai perlatan pribadi. usahakan jangan berpakaian lembab, terutama pada bagian miss V. Tempat yang lembab sangat disukai oleh jamur, dan memicu perkembangannya lebih cepat.

Tips perawatan miss agar tetap sehat

  1. Lakukan pembersihan bulanan setiap habis menstruasi, kalau perlu berendam lah di air hangat untuk mematikan bakteri yang ada pada miss V.
  2. Jangan menggunakan parfum pada miss V, karena memiliki efek samping yang merugikan untuk organ seksual anda dan dapat menyebabkan iritasi kulit.
  3. Ganti pembalut yang sudah lembab, jangan menggunakan pembalut dua kali pakai. Sifat pembalut yang menyerap cairan bisa menimbulkan tempat tumbuhnya jamur.
  4. Perbanyak konsumsi kalsium dan protein yang bisa anda dapatkan di susu dan yogurt.
  5. Jangan melakukan oral seks.
  6. Cukur rambut miss V secara teratur agar miss V tidak bau.

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Mengatasi keputihan saat hamil bisa dilakukan dengan menggunakan perawatan tradisional sendiri di rumah, Rutinlah membersihkan miss V setiap hari menggunakan air hangat. Merendam miss V dengan air hangat juga di anjurkan untuk menjaga kesehatan dan membunuh bakteri.

Keringkan miss V jangan sampai lembab, untuk mengeringkan miss V usahakan dengan menggunakan handuk lembut yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Bila libido meningkat dan miss V becek sebaiknya dibersihkan dengan menggunakan air hangat.

Selain menggunakan tips-tips diatas, Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil lainnya adalah dengan mengatur pola makan sehat. Untuk itu konsumsilah beberapa jenis makanan berikut ini :

  • Pisang

Tinggi kalium dan bertekstur lembut sangat baik anda konsumsi saat keputihan. Menurut sehatfit dengan makan buah pisang setiap hari bisa membantu memulihkan keputihan dengan cepat.

  • Bawang bombay

Kandungan senyawa super dalam bawang bombay berfungsi untuk menghilangkan jamur di miss V, makanlah bawang bombay sebagai campuran masakan.

  • Kembang kol

Cobalah untuk mengganti menu makan dengan sayuran hijau layaknya kembang kol, serat dalam sayuran bisa membantu anda mengatasi keputihan dengan cepat dan alami.

  • Susu dan Butter milk

Milk sangat baik untuk menjaga kesehatan miss V, selain memiliki banyak kalsium susu juga mengandung nutrisi lain untuk kesehatan reproduksi. Butter milk atau kue susu bisa anda makan sebagai tamabahan menu harian saat mengalami keputihan.

  • Makanan rendah lemak

Makanan yang tidak mengandung kolesterol jahat baik di konsumsi saat keputihan. Selain membantu memproses penyembuhannya. Makanan tanpa kolesterol juga membantu anda mempertahankan porsi tubuh ideal walau saat hamil.

  • Hindari Pemanis Buatan

Makanan yang mengandung gula atau pemanis memicu tumbuhnya jamur dan bakteri, minuman seperti teh manis atau kopi sebaiknya anda hindari dulu saat mengalami keputihan.

  • Perbanyak minum air putih

Minimal delapan gelan sehari untuk mencukupi cairan tubuh, selain mencukupi cairan dalam tubuh air putih juga berfungsi untuk melancarkan ekskresi atau pembuangan untuk menghilangkan bakteri dan sel-sel yang telah mati.

  • Hindari makanan instan

Beberapa Makanan atau minuman yang cepat saji banyak mengandung zat penumbuh bakteri dan sebaiknya anda hindari dulu saat mengalami keputihan.

  • Rokok dan Miras

Selain makanan diatas, rokok dan miras perlu dihindari, selain menumbuhkan bakteri dan jamur rokok dan miras juga bisa merusak organ reproduksi.

Itulah tips Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil, sebaiknya anda mencoba mengaplikasikan pola hidup sehat sebagai Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil. Cepat dan aman bisa menggunakan obat herbal keputihan yang aman saat hamil.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *